Tugas 4 - Rekayasa Kebutuhan

 Studi Kasus : Elisitasi Kebutuhan


    TernakUang merupakan StartUp aplikasi edukasi finansial yang menyediakan seminar dan pelatihan pada sektor keuangan salah satu contohnya adalah investasi. aplikasi ini dibuat karena pendiri aplikasi tersebut Raymond Chin menyatakan bahwa untuk meningkatkan literasi finasial diseluruh kalangan masyarakat Indonesia yang kebanyakan masih awam dalam pengelolaan keuangan. aplikasi ini juga menyediakan berbagai artikel keuangan dan informasi keuangan yang selalu terupdate.

    Pihak yang terlibat dalam aplikasi ini adalah admin, tamu(guest)/mentor dan pelanggan. pelanggan dapat mendaftar menjadi member kemudian mendapatkan berbagai fitur berupa artikel, seminar dan pelatihan yang tentunya dilakukan secara online pada sistem. sistem ini dibuat khusus untuk mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi dan pembelajaran tentang keuangan. aplikasi ini juga menyediakan solusi untuk indonesia yang mempunyai banyak masyarakat yang buta secara keuangan.

Elisitasi Kebutuhan

    Elisitasi kebutuhan adalah sekumpulan aktivitas yang ditujukan untuk menemukan kebutuhan suatu sistem melalui komunikasi dengan pelanggan, pengguna sistem dan pihak lain yang memiliki kepentingan dalam pengembangan sistem (Sommerville and Sawyer 1997). Proses elisitasi ini menentukan keberhasilan dari perangkat lunak, dimana jika terdapat kesalahan dalam pendefinisian kebutuhan maka akan berakibat pada kegagalan sistem. Pada proses ini peran dari para pemangku kepentingan sangat dibutuhkan untuk membantu tim pengembang perangkat lunak menentukan seperti apa sistem yang akan dibangun. Sejalan dengan proses rekayasa kebutuhan secara keseluruhan, elisitasi kebutuhan bertujuan untuk (Leffingwel, 2000) :
  • Mengetahui masalah apa saja yang perlu dipecahkan dan mengenali batasan-batasan sistem.
  • Mengenali siapa saja para pemangku kepentingan.
  • Mengenali tujuan dari sistem yaitu sasaran-sasaran yang harus ada pada sistem
    Ada berbagai metode yang dapa digunakan dalam melakukan elisitasi kebutuhan ini. Terdapat beberapa teknik elisitasi kebutuhan, diantaranya; Observasi, Interview (wawancara), Kuisioner, Analisis prosedur atau dokumen, dll. Elisitasi yaitu berisikan usulan rancangan sistem baru yang diinginkan oleh pihak manajemen terkait dan disanggupi oleh penulis untuk dieksekusi. Sebelum melakukan proses elisitasi disediakan beberapa pertanyaan :
  1. Bagaimana permasalahan kurangnya literasi keuangan di Indonesia ?
  2. Apa saja upaya yang telah pernah dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut?
  3. Apakah teknologi masa kini dapat menyelesaikan permasalahan tersebut? jika tidak, maka apa aspek tambahan yang dapat mengisi atau menutupi kekurangan pada teknologi masa kini untuk permasalahan tersebut?
  4. Bagaimana solusi yang diharapkan oleh pelanggan (masyarakat) dan ahli keuangan (tamu/mentor) ?
  5. Apa saja kebutuhan yang diperlukan dalam solusi tersebut?
  6. apa saja fitur yang diperlukan dalam aplikasi ini?
  7. Bagaimana proses bisnis dalam aplikasi ini?
  8. Apakah aplikasi ini mendapatkan nilai efektif bagi masyarakat?

Elisitasi dalam Aplikasi 

    1. Stakeholder

            Organisasi Pendukung :
                - Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
                - Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
            Pengembang :
                - Software Developer
                - Front End Developer
                - Back End Developer
                - Database Engineer
                - Project Manager
                - Marketing
                - Documentation
                - Quality Control and Quality Assurance
                - UI / UX Designer
                - Video Editor
                - Product Manager
                - Video Editor
                - Research Analyst
            Pihak Eksternal :
                - Pelanggan / masyarakat umum
                - Ahli Keuangan / Mentor
                - Investor   

    2. Tujuan

            - Memudahkan masyarakat umum dalam berivestasi
            - Memudahkan masyarakat dalam mengembangkan literasi keuangan
            - Mendapatkan kemampuan/skill oleh masyarakat dalam pengelolaan keuangan
            - Menyediakan berbagai macam informasi yang berhubungan dengan keuangan
            - Menyediakan edukasi dan pelatihan di bidang keuangan

    3. Kebutuhan

            - Sistem dapat menampilkan berbagai video edukasi tentang keuangan 
            - Sistem dapat menyediakan sistem pembayaran bagi pelanggan
            - Sistem dapat menampilkan berbagai pelatihan keuangan yang tersedia
            - Sistem dapat mudah dipakai khususnya untuk masyarakat awam teknologi
            - Sistem dapat memberikan statistik yang berhubungan dengan keuangan kepada pelanggan
            - Sistem dapat menampilkan berbagai artikel/informasi keuangan



Comments

Popular posts from this blog

EAS MPPL

Tugas 1 - MPPL : Dokumentasi Proyek(Dummy)