Quiz 1 : MPPL B

Nama  : Marsa Aushaf Rafi

NRP    : 05111940000220


Soal

  1. 1. Sebutkan perbedaan pekerjaan proyek dan pekerjaan rutin (Min 4).
  2. 2. Apa saja yang perlu dikelola dengan baik, agar proyek dapat berhasil. Jelaskan.
  3. 3. Siapakah yang dimaksud dengan stakeholder dalam proyek. Sebutkan dan jelaskan perannya.
  4. 4. Komposisi Tim Proyek terdiri dari siapa saja? Apa peran masing-masing.
  5. 5. Tuliskan draft Project Charter untuk link proyek berikut : 
  6. https://projects.co.id/public/browse_services/view/481612/jasa-pembuatan-website-streaming-film-seperti-indoxxi-lk21-dunia21

Jawaban

1.) perbedaanya adalah sebagai berikut :
- Pekerjaan Rutin : merupakan suatu pekerjaan yang bersifat rutin/berulang-ulang, berlangsung jangka panjang, intenstitas pekerjaan relatif sama, batasan anggaran tidak setajam proyek, macam pekerjaan tidak terlalu kompleks/banyak, macam dan keperluan sumber daya relatif konstan.
- Pekerjaan Proyek : merupakan suatu pekerjaan yang kompleks, bersifat tidak rutin dan memiliki keterbatasan waktu, anggaran dan sumber daya serta memiliki spesifikasi tersendiri terhadap produk yang akan dihasilkan. Pada umumnya proyek melibatkan beberapa orang yang saling berhubungan aktivitasnya dan sponsor utama proyek tertarik dalam penggunaan sumber daya yang efektif agar mendapatkan penyelesaian proyek secara efisien dan tepat waktu. bersifat dinamis, siklus proyek relatif pendek, intensitas pekerjaan berubah-ubah, diselesaikan berdasarkan anggaran yang ditentukan, bermacam pekerjaan berbagai disiplin ilmu, dan keperluan sumber daya berubah.

2.) PMBOK : Project Management Body of Knowledge
- Scope : merupakan cakupan pekerjaan yang dilakukan
- Time : merupakan waktu pelaksanaan proyek, semakin cepat semakin besar pula biaya proyek
- Cost : merupakan komponen biaya proyek, mempengaruhi scope dan time proyek semakin besar biaya maka semakin cepat
- Quality : merupakan harapan owner proyek pada hasil proyek yang mengacu pada standar tertentu (misalnya ISO). bisa didapatkan dengan memanajemen scope, time dan cost sesuai dengan kebutuhan.

3.) Stakeholder proyek adalah pihak-pihak baik secara individual, kelompok, maupun organisasi yang mungkin mempengaruhi atau dipengaruhi oleh keputusan, aktifitas, dan hasil dari suatu proyek. Dalam Stakeholder Management berdasarkan PMBOK 5th Edition, stakeholder harus diidentifikasi sebelum proyek dimulai. berbagai peran stakeholder proyek sebagai berikut :
- Stakeholder Prima/Utama : stakeholder yang dalam menjalankan perannya langsung dan erat hubungannya dengan pengambilan kebijakan, proyek serta program yang akan dipilih. contohnya manajer publik dan masyarakat.
- Stakeholder Sekunder/Pendukung : Stakeholder sekunder atau pendukung merupakan semua elemen atau pihak yang nantinya berhubungan langsung dengan kebijakan, proyek atau program yang ada. Contohnya Pengusaha dan badan usaha.
- Stakeholder Key/Kunci : Stakeholder kunci merupakan salah satu bagian yang sangat ekslusif yang didasarkan pada tingkatannya serta memiliki hak dalam pengambilan keputusan serta kebijakan. Contohnya instansi pemerintah.

4.) Beberapa macam peran pada tim proyek :
- Project Manager : Penangungjawab project dan mengatur sistem manajemen  suatu proyek
- Quality Control / Assurance: bertanggung jawab dalam memeriksa hasil dari pekerjaan yang dilaporkan di laporan bulanan.
- Structure Engineering : orang yang bertugas dalam melaksanakan tugas dari site engineer.
- Site Engineer : mempunyai tugas, seperti membantu wewenang dan tugas dari seorang project manager.
- Drafter : bertanggung jawab dalam hal penggambaran.

5.) Berikut gambaran draft project charter :


Comments

Popular posts from this blog

EAS MPPL

Tugas 1 - MPPL : Dokumentasi Proyek(Dummy)