Tugas 4 MPPL : Resume KAK
What?
KAK yang dibuat adalah KAK pembuatan aplikasi online untuk tempat komplain/keluhan masyarakat untuk pemerintah daerah berbasis online. Permasalahan dasarnya adalah Pemerintah Daerah minim mendapatkan inputan dari masyarakat karena pelayanannya yang belum mendukung atau mengikuti seiring berkembangnya teknologi. Dengan terjadinya masalah tersebut diatas, diperlukan sarana yang dapat mengakomodir aspirasi masyarakat terhadap akses pelayanan maupun sarana dan prasarana publik yang diperoleh data secara tepat, cepat dan lebih efisien waktu, tenaga dan biaya.
Why?
Sesuai dengan latar belakang permasalahan, singkatnya bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam menyempaikan aspirasinya secara tepat, cepat dan lebih efisien waktu tenaga kerja dan biaya. Berikut maksud dan tujuan secara lengkap:
Maksud dibuatkannya aplikasi ini adalah sebagai berikut:
Mengoptimalkan fungsi kontrol masyarakat terhadap kinerja aparatur pemerintah
Menyediakan sarana komunikasi antara masyarakat dan penyelenggara pemerintahan
Menampung aspirasi masyarakat
Tujuan dibuatnya aplikasi ini adalah sebagai berikut:
Untuk meningkatkan keakuratan informasi.
Untuk mempermudah koordinasi antar OPD.
Untuk mempercepat pengambilan keputusan Kepala Daerah / Pimpinan OPD
Untuk meningkatkan mutu pelayanan publik.
Untuk meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap layanan publik.
Who?
Pihak yang terkait dalam KAK proyek aplikasi ini adalah dinas komunikasi dan informatika kota kabupaten Pemalang.
When?
Pada KAK proyek terlaksana (direncanakan) selama 4 bulan, dari minggu ke-2 bulan Juni sampai minggu ke-2 bulan September pada tahun 2017.
Where?
Tempat proyek dilaksanakan di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pemalang.
How?
Ruang lingkup Pekerjaan/Kegiatan :
Pengembangan Citizen Complaint.
Pembuatan modul Panduan Penggunaan Citizen Complaint.
Pembuatan Citizen Complaint berbasis website.
Pembuatan laporan meliputi laporan pendahuluan dan akhir pedoman penggunaan sistem informasinya.
Uji coba pelatihan.
How Much?
Karena tidak tercantum dalam KAK, perkiraan jumlah total dari anggaran yang dikeluarkan adalah sekitar 20 sampai 50 juta.
What?
Why?
Mengoptimalkan fungsi kontrol masyarakat terhadap kinerja aparatur pemerintah
Menyediakan sarana komunikasi antara masyarakat dan penyelenggara pemerintahan
Menampung aspirasi masyarakat
Untuk meningkatkan keakuratan informasi.
Untuk mempermudah koordinasi antar OPD.
Untuk mempercepat pengambilan keputusan Kepala Daerah / Pimpinan OPD
Untuk meningkatkan mutu pelayanan publik.
Untuk meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap layanan publik.
Who?
When?
Where?
How?
Pengembangan Citizen Complaint.
Pembuatan modul Panduan Penggunaan Citizen Complaint.
Pembuatan Citizen Complaint berbasis website.
Pembuatan laporan meliputi laporan pendahuluan dan akhir pedoman penggunaan sistem informasinya.
Uji coba pelatihan.
How Much?
Comments
Post a Comment